Oleh

Yoga Purnama

Guru BK SMA Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen

 

pdpmsragen.or.id – Bekerja merupakan kebutuhan utama manusia sekaligus sebagai manusia yang sehat secara Psikologis. Manusia dengan bekerja akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada berbagai macam jenis pekerjaan. Ada jenis pekerjaan formal yang rutinitasnya bekerja di kantor/perusahaan, dan ada juga jenis pekerjaan lapangan, yang jenis pekerjaannya menuntut untuk aktif di luar ruangan/di lapangan.

Mendapatkan perkerjaan yang layak merupakan dambaan bagi setiap orang. Sehingga untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan, seseorang harus aktif mencari informasi lowongan pekerjaan terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan diri untuk memenuhi persyaratan administrasi, test tertulis, dan test wawancara yang diselenggarakan oleh instansi yang dituju.

Seseorang yang sudah berhasil melewati tahap lolos persyaratan administrasi dan test tertulis, biasanya hanya tinggal menhadapi test wawancara. Wawancara kerja pada umumnya merupakan test kelanjutan dari seleksi awal, bisa berupa tes bakat skolastik atau cukup CV saja. Kebanyakan orang akan merasa khawatir jika sudah sampai di tahap tes wawancara. Banyak pencari kerja yang berhasil lolos dengan baik, namun ada juga yang gagal karena kurangnya persiapan maupun pengetahuan.

Menurut Allysa R. Berlian dalam (The Power of Job Interviem : 49) menjelaskan beberapa point yang sering ditanyakan dalam tes wawancara untuk menguji motivasi dan inisiatif pelamar kerja. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam tes wawancara untuk menguji motivasi dan inisiatif pelamar kerja:

  1. Apa rencana Anda di masa mendatang?
  2. Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan kami?
  3. Apa yang Anda lakukan ketika menyelesaikan masalah?
  4. Apa yang Anda lakukan dengan pekerjaan Anda sekarang untuk membuatnya lebih efektif dan menantang?
  5. Apakah Anda bisa bekerja sendiri tanpa pengawasan langsung?
  6. Apakah ada orang di dunia bisnis yang menginspirasi Anda?
  7. Apa yang Anda lakukan dalam membuat keputusan penting?
  8. Apa pekerjaan Anda yang paling membosankan yang pernah Anda lakukan?
  9. Apakah banyak tekanan dalam pekerjaan Anda sekarang?
  10. Apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan diri?

Itu merupakan beberapa pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan ketika melamar pekerjaan. Semoga artikel ini bisa memberikan bantuan solusi mengenai pertanyaan-pertanyaan kerja untuk menguji motivasi dan inisiatif pelamar kerja. Selamat belajar dan semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here